KESEHATAN

Hindari Dampak Negatif, Orang Tua Wajib Awasi Anak Bermain Game.

Laporan KIM Entugan Hulu
A. Hartawansyah Praniansyah

Informasi Suhaid. Pengawasan orang tua kepada anak saat bermain game sangatlah penting. Kurangnya pengawasan saat anak bermain game dapat berdampak negatif.

” Orang tua wajib awasi anak bermain game, karena bahaya bermain game bisa berdampak pada kesehatan mata.” Tegas Penanggungjawab Puskesdes Tanjung, Darmawan, saat interaksi pada komunikasi publik yang dihadiri Uspik Suhaid di beranda ampur desa tanjung, Sabtu, (25/7).

Dewasa ini gadget atau handphone menjadi kebutuhan sehari-hari, baik orang dewasa, remaja, maupun anak- anak. Namun penggunaan gadget dikembalikan kepada orang yang menggunakan gadget tersebut, ibaratnya seperti pisau jika digunakan oleh ibu-ibu akan mejadi alat untuk memasak, tetapi jika digunakan oleh penjahat akan mejadi alat kejahatan, maka gadget bisa mendatangkan hal-hal bermanfaat bahkan bisa mendatangkan mudharat.

Bagi orang dewasa gadget sangat berhubungan dengan dunia pekerjaan, tujuan dan fungsi utama gadget digunakan untuk alat komunikasi, dengan kemudahan teknologi yang sangat maju, pekerjaan yang semestinya berat bisa dikerjakan dengan ringkas dan efisien dengan bantuan gadget, seperti rapat jarak jauh atau menggunakan grup khusus dalam aplikasi tertentu. Tidak hanya untuk pekerjaan, gadget untuk orang dewasa juga bisa untuk keperluan lain pada umumya.

Menurut Darmawan, penggunaan gadget berbeda halnya untuk anak remaja, karena masih ada dari mereka menggunakan gadget sebatas untuk hiburan ( main game) bahkan sampai lupa tugas utama yaitu belajar. Penggunaan gadget untuk anak sampai remaja mayoritas digunakan untuk bermain game online, bisa game yang dimainkan secara individu maupun berkelompok.

” Seringkali gadget ini disalahgunakan sehingga terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti bermain game PubG dan game lainnya hingga tingkat candu bahkan hingga lupa tugas untuk membantu orangtua dll. Harapan kita bahwa mereka menggunakan gadget itu untuk hal yang jauh lebih bermanfaat, itu juga demi kebaikan mereka.” Pungkasnya.

Diteruskan Darmawan, “Lain usia lain cerita, inikan Anak – Anak yang dalam usia perkembangan, pada zaman sekarang sudah terjamah dengan gadget, seharusnya pada usia anak-anak lebih banyak dijauhkan dari gadget, dan bisa memanfaatkan waktu bermain dengan teman sebaya untuk menumbuhkan rasa empati sosial, yang hal itu tidak bisa dibangun secara instan. Kita bisa melihat perbandingan anak anak yang tumbuh pada masa lalu dengan masa sekarang, maka sangat terlihat perbedaannya. Peran orang tua atau sebagai stakeholder dalam lingkungan keluarga sangat penting. Tutup Darmawan.

Gambar hanya ilustrasi

Disisi lain, ibarat koin ada juga remaja lain yang bisa memanfaatkan gadget untuk menghasilkan uang, seperti membuat vlog, editing video maupun aktiftas lainnya. Hal itu merupakan pencapaian yang luar biasa.

Hindari Dampak Negatif, Orang Tua Wajib Awasi Anak Bermain Game.
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top