DESA

Pentingnya Ide dan Gagasan Dalam Komunikasi Publik Untuk Pembangunan

Laporan KIM Entugan Hulu
A. Hartawansyah Praniansyah

Informasi Suhaid. Pentingnya komunikasi antara pemerintah dan masyarakat dalam mewujudkan pembangunan desa yang lebih baik. Dan keberhasilan kebijakan dan program yang di usulkan oleh pemerintah bergantung pada faktor komunikasi yang efektif. Hal tersebut direalisasikan oleh KIM Entugan Hulu Suhaid bersama Kadarkum dan Pemdes Tanjung dalam sebuah komunikasi publik yang dilaksanakan diberanda ampur desa tanjung dan di ikuti oleh Uspik Suhaid dan tokoh pemuda pada hari sabtu, 25/7/2020.

Camat Suhaid

Camat suhaid, Joko Kusmanto SH, berharap, komunikasi publik merupakan bagian dari konsep komunikasi baik.

” Kita berharap, melalui komunikasi publik tersebut hubungan pemerintah dan masyarakat lebih dekat, dan tentunya akan banyak ide dan gagasan dari masyarakat untuk pembangunan, dan itu yang kita butuhkan. Jelasnya. Sabtu (25/7).

Komunikasi Publik merupakan salah satu alternatif media komunikasi antara pemerintah dan masyarakat. Komunikasi publik dapat menyediakan interaksi dua arah antara masyarakat dan pemerintah.

Komunikasi Publik diberanda ampur desa tanjung

Komunikasi Publik merupakan program kelompok informasi masyarakat (KIM) entugan hulu suhaid, dan diperankan oleh pemerintah dan masyarakat. KIM saat ini mempunyai misi dalam penggunaan media komunikasi, baik melalui media sosial maupun bertatap muka.

Pembangunan pedesaan merupakan masalah yang sangat penting untuk
diperhatikan dan dilaksanakan secara bersama antara pemerintah dengan masyarakat, karena tidak dapat dipungkiri bahwa dibandingkan dengan pembangunan yang berlangsung di perkotaan, maka pembangunan di pedesaan masih harus ditingkatkan.

Salah satu aspek yang turut menentukan laju pembangunan yang berlangsung di pedesaan adalah perlu adanya sinergitas antara pemerintah sebagai penggerak dan
penentu kebijakan pembangunan di desa (dalam hal ini pemerintah desa) di satu sisi, dengan masyarat di sisi lain, karena tanpa adanya pemerintah sebagai pembuat
kebijakan dan pemilik sumber daya, ataupun tanpa partisipasi nyata dari masyarakat dalam pembangunan maka pelaksanaan pembangunan di desa tersebut tentunya akan mengalami hambatan dan akan berjalan tidak sesuai harapan.

Salah satu kunci demi terciptanya kelancaran pembangunan di pedesaan
adalah peranan komunikasi pemerintahan untuk dapat menyempaikan berbagai informasi tentang kebijakan pembangungan yang akan dilaksanakan di desa kepada masyarakat setempat agar masyarakat turut berpartisipasi aktif dalam dalam ide dan gagasannya untuk pembangunan tersebut.

Pentingnya Ide dan Gagasan Dalam Komunikasi Publik Untuk Pembangunan
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top