UMUM

Di Tengah Banjir, Nelayan Desa Tanjung Tangkap Ikan Entukan

Laporan KIM Entugan Hulu
A. Hartawansyah Praniansyah

Informasi Suhaid. Di tengah banjir, masyarakat di pesisir sungai kapuas kecamatan suhaid khususnya warga desa tanjung justru mendapat tangkapan ikan air tawar seperti ikan entukan.

Menurut kepala desa tanjung, Lie, banyak warganya menjaring ikan entukan di ujung hulu.

” Setiap hari kami menjaring ikan entukan dengan jaring ukuran 2.5 inci, hanya jaring ukuran itu yang tepat untuk ikan entukannya.” Ungkapnya saat Lie menjamu Uspik dan jajarannya makan masakan ikan entukan. Jum’at, (24/7).

Selai itu, Lie juga mengatakan bahwa ikan entukan dengan mudah didapat nelayan

“Kita memang kaya potensi ikan air tawar baik di sungai maupun di danau, alhamdulillah meskipun kondisi banjir, tapi ikan sangat melimpah-ruah saat ini, khusus ikan entukan, satu perahu bisa mendapat 20-30 kg.” katanya.

Ikan entukan dimasak kukup

Dijelaskan Lie, Pemerintah desa terus berupaya mengembangkan pemanfaatan hasil tangkapan ikan yang ada.

” Kami berupaya semaksimal mungkin untuk masyarakat, artinya, kedepannya kami ingin dengan hasil tangkapan ikan dapat diolah oleh masyarakat desa tanjung sebagai bahan untuk kerupuk kering atau kerupuk basah, dan nantinya masyarakat desa lain akan dengan mudah mendapatkan hasil ikan yang telah diolah, langsung saja datang ke desa kami, mudah – mudahan dengan upaya pembinaan yang kita lakukan kepada warga akan memudahkan kita merealisasikannya, bahkan kami sudah meminta PKK sebagai pilot project atau pengembang awal bagi masyarakat, apalagi ikan entukan itu musiman, dagingnya enak dijadikan kerupuk atau olahan makanan lainnya.” Jelasnya.

Di Tengah Banjir, Nelayan Desa Tanjung Tangkap Ikan Entukan
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top