UMUM

KAMPUNG TANGGUH NUSANTARA, BERIKUT PENJELASAN IPTU DAYAN

Laporan KIM Entugan Hulu
A. Hartawansyah Praniansyah

Informasi Suhaid. Kapolsek Suhaid, Iptu Dayan melalui pesan suara whatsapp kepada anggota KIM Entugan Hulu menjelaskan bahwa kampung tangguh nusantara adalah pilot project kolaboratif dengan stakeholder. Kamis (09/07).

” ini pilot project untuk melakukan aksi nyata didesa yang menitik beratkan peran serta aktif elemen masyarakat, baik secara personil maupun kelompok, karena semua kegiatan akan mendapatkan pendampingan dari stakeholder secara intens dan terfokus.” Jelasnya.

Menurut Iptu Dayan, pembentukan kampung tangguh nusantara salah satunya memiliki singkronisasi dengan poskamling.

” Untuk kecamatan suhaid memang kita fokuskan pada desa nanga suhaid, dengan adanya poskamling akan menjadi penunjang sasaran pilot project ini.” Ungkapnya.

Iptu Dayan menuturkan bahwa kampung tangguh nusantara semaksimal mungkin mewujudkan tangguh kesehatan, tangguh sosial ekonomi dan tangguh keamanan.

” Tangguh kesehatan diantaranya ketersediaan pustu yang siap melayani warga seperti persalinan, posyandu dan pemberian makanan tambahan untuk lansia, dan terdapat tenaga medis yang siap siaga. Untuk tangguh sosial ekonomi diantaranya ketersediaan bumdes yang dikelola secara maksimal serta kecukupan pangan didesa. Dan untuk tangguh keamanan diantaranya adanya poskamling aktif sehingga pencegahan angka gangguan keamanan bisa diatasi sedini mungkin dan masyarakat merasa aman melakukan aktivitas sehari – hari, tentunya kita berharap semua itu bisa terwujud dengan kerjasama semua pihak, baik itu stakeholder, pemerintahan desa maupun masyarakat. Dan kampung tangguh nusantara juga merupakan upaya bersama untuk membangun Ketangguhan Masyarakat untuk mencegah covid 19 di Kecamatan Suhaid Khususnya Desa Nanga Suhaid dan menuju ke kehidupan baru New Normal dan masih memakai Protokol covid.” Tuturnya.

KAMPUNG TANGGUH NUSANTARA, BERIKUT PENJELASAN IPTU DAYAN
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top