Business

POKJA 3 PKK DESA NANGA SUHAID MENGOLAH IKAN MENJADI KERUPUK KERING

Proses Pengolahan

Laporan KIM Entugan Hulu
A. Hartawansyah Praniansyah

Informasi Suhaid. Gerakan PKK bertujuan memberdayakan keluarga untuk meningkatkan kesejahteraan menuju terwujudnya keluarga yang beriman dan bertaqwa kepada tuhan yang maha esa, berakhlak mulia dan berbudi luhur, sehat sejahtera, maju dan mandiri, kesetaraan dan keadilan gender serta kesadaran hukum dan lingkungan.

Untuk itu, PKK desa nanga suhaid yang diberi nama USAHA BERSAMA, melalui Pokja 3 melaksanakan tujuan dari PKK tersebut. Salah satunya berinovasi pada pengolahan ikan menjadi kerupuk kering.

Dayang Jumiati ketua Pokja 3

Ditemui disekretariat PKK desa nanga suhaid, ketua Pokja 3 dan timnya sedang melakukan pengolahan daging ikan menjadi kerupuk kering. Rabu (17/6).

” Pengolahan daging ikan menjadi kerupuk kering sebenarnya dimulai kami sejak maret tahun ini, meskipun modal awal Rp 1 Juta tapi kami sudah memiliki perkembangan cukup baik dari sisi omset meskipun pasaran kami saat ini hanya lokalan dan pedagang dari kecamatan semitau.” Ungkap Dayang Jumiati selaku ketua pokja 3 kepada KIM entugan hulu.

Perempuan yang disapa bu Jumi juga mengatakan bahwa pelanggan sudah menunggu pengiriman kerupuk kering dari pokjanya.

” Alhamdulillah untuk yang kita olah hari ini sebenarnya 13 kg sudah pesanan pelanggan.” Tutupnya.

Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga, disingkat PKK, adalah organisasi kemasyarakatan yang memberdayakan wanita untuk turut berpartisipasi dalam pembangunan. PKK terkenal akan “10 program pokok”-nya yang pada hakikatnya merupakan kebutuhan dasar manusia, yaitu:
Penghayatan dan Pengamalan Pancasila, Gotong Royong, Pangan, Sandang, Perumahan dan Tatalaksana Rumah Tangga, Pendidikan dan Keterampilan, Kesehatan, Pengembangan Kehidupan Berkoperasi, Kelestarian Lingkungan Hidup, Perencanaan Sehat. Upaya untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga melalui 10 segi pokok keluarga dengan membentuk Tim Penggerak PKK di semua tingkatan termasuk tingkat desa.

POKJA 3 PKK DESA NANGA SUHAID MENGOLAH IKAN MENJADI KERUPUK KERING
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top