UMUM

STRATEGI 3 PILAR JAGA KAMTIBMAS SUHAID

Laporan KIM Entugan Hulu
A. Hartawansyah Praniansyah

Informasi Suhaid. Sebagai upaya pencegahan dan penanganan tindakan yang terindikasi membahayakan keamanan dan ketertiban masyarakat, maka 3 pilar tingkat kecamatan dan desa semakin pererat sinergi dan strateginya untuk menciptakan suasana kondusif.

Melalui pesan whatsapp, KIM Entugan Hulu mendapat respon dari 3 pilar tersebut dalam pencegahan dan penanganan atas apa yang saat ini menjadi isu hangat di Kecamatan Suhaid. Kamis, (09/01/2020).

Menurut IPTU Tibi Endroviko, dalam pencegahan dan penangan tidak lepas dari peran masyarakat untuk membantu Polri.

“Terkait ada beberapa kejadian yang terjadi di wilayah hukum Polsek Suhaid khususnya di Desa Nanga Suhaid, misalnya terjadi di beberapa rumah warga yg terbongkar (mengalami kecurian, namun yang kita alami hanya satu warga yang mendatangi Polsek dan membuat pengaduan tentang telah terjadi tindak pidana pencurian.” Ungkapnya.

Lanjut Tibi, ” memang secara khusus kita mendapat informasi dari warga bahwa ada beberapa rumah warga yang terbongkar (mengalami pencurian), dan kami pihak Polri khususnya Polsek Suhaid tidak tinggal diam, bermacam taktik dan tehnis kepolisian yang kami lakukan terutama adalah tindakan patroli, deteksi dan penyelidikan. Demikian juga secara langsung kepada beberapa warga selalu saya sampaikan jika ada orang yang mencurigakan agar menyampaikan langsung via telpon kepada kami (saya), karena kami pihak Polsek sudah pasti mengalami kesulitan untuk mengungkap kasus apapun apa bila tidak ada keterlibatan semua elemen masyarakat utuk berperan aktif terutama yg sangat kami butuhkan adalah informasi. Kalau kita hanya berharap kepada pihak Polri khususnya Polsek Suhaid untuk menjaga situasi kamtibmas yang kondusif sudah barang tentu tidak akan tercapai, tanpa keterlibatan semua elemen masyarakat. Untuk itu, dalam kesempatan ini saya mengajak masyarakat agar jika ada orang yang masuk di wilayah kita dan mencurigakan segera telpon saya utk kami lakukan langkah kepolisian.” Tegasnya.

Menyikapi yang terjadi saat ini, Camat Suhaid, Joko Kusmanto telah lakukan komunikasi dengan semua pilar kecamatan untuk secara bersama dengan masyarakat dalam pencegahan dan penanganan hal yang bisa membahayakan kamtibmas.

” Kemarin kita telah berdiskusi dan berkoordinasi dengan pihak Polsek dan Koramil tentang persoalan tersebut, dan hari ini juga kita bahas dikantor untuk lakukan strategi dalam meningkatkan kamtibmas.”Ungkapnya.

Kepala desa nanga suhaid, Ekhsan juga menghimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada.

” Atas apa yang saat ini terjadi, saya berharap dan menghimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada.” Tutupnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top