PEMERINTAHAN

DPMD DIMINTA DORONG PERCEPATAN PENCAIRAN DANA DESA

Laporan KIM Entugan Hulu
A. Hartawansyah Praniansyah

Informasi Suhaid. Keterlambatan pelaksanaan fisik pada 9 desa dikecamatan suhaid disinyalir belum mendapat kucuran dana desa tahap 3. Menyikapi hal tersebut, Kepala desa nanga suhaid mengungkapkan permohonan maaf kepada masyarakat bahwa pelaksanaan fisik tahap 3 belum dapat direalisasi.

” Saya atas nama pemerintah desa nanga suhaid, menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat nanga suhaid karena pelaksanaan fisik tahap 3 ini belum bisa kami laksanakan, hal ini dikarenakan anggaran tersebut belum kami terima.” Ungkap Ekhsan saat Pemerintah Desa melakukan koordinasi dengan Camat dikantor desa nanga suhaid yang dihadiri oleh BPD dan perangkat desa, pendamping desa dan pendamping lokal desa. (17/12/2019).

Mengalokasikan Dana Desa merupakan salah satu langkah untuk merealisasikan Nawa Cita yang merupakan agenda pemerintah.

Sebagai Camat Suhaid, Joko Kusmanto, SH berharap pihak DPMD bisa mendorong percepatan pencairan dana tersebut, karena ini menyangkut terlambatnya pelaksanaan fisik dan pertanggungjawaban pemerintah desa.”

Menurut PP Nomor 60 Tahun 2014 pengertian Dana Desa adalah dana yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara yang ditransfer melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah kabupaten/kota dan digunakan untuk membiayai penyelenggaraan
pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, pembinaan kemasyarakatan, dan pemberdayaan masyarakat.

Istilah dana desa sendiri pertama kali muncul secara resmi dalam UU Nomor 6 Tahun 2014 Pasal 72 tentang Desa sebagai satu dari tujuh
sumber pendapatan desa. Pada dasarnya, tujuan pengalokasian Dana Desa adalah
meningkatkan pelayanan publik, mengentaskan kemiskinan, memajukan perekonomian desa, mengatasi kesenjangan antar desa, dan memperkuat masyarkat desa.

Semoga Dana Desa segera dicairkan pihak terkait sehingga pelaksanaan pembangunan didesa dapat segera terealisasi.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top