PEMERINTAHAN

Pembinaan Pemerintahan Desa Se Kecamatan Suhaid

Kamis 14 desember 2017,bertempat di gedung Pertemuan Desa Nanga Suhaid,  diadakan kegiatan Pembinaan Pemerintahan Desa,  yg dihadiri oleh pejabat pemerintah kabupaten kapuas hulu diantaranya Kadis DPMD, Alfiansyah,  S.H, M.Si,  Kadis Dukcapil Usmandi,  S.E, M.M,  didampingi TA PED P3MD Lukman Asbi,  S.P,  Camat Suhaid Joko Kusmanto,  S.H, Kapolsek dan Danramil.

Kegiatan ini beragendakan beberapa hal diantaranya Pengadaan Bumdes oleh Desa dan Proses Pembuatan E-KTP se-kabupaten kapuas hulu.

Kegiatan ini juga dihadiri Seluruh Kepala Desa dan Aparatur Desa Se Kecamatan Suhaid, BPD,  PKK dan Kader Posyandu.

Penyelenggara kegiatan ini menyediakan sesi tanya jawab yg melibatkan kepala desa tanjung, kepala desa laut tawang, ketua BPD desa nanga suhaid dan aparatur desa tanjung harapan.

Salah satu pertanyaan yg disampaikan adalah terkait proses pembuatan E-KTP yg telah di lakukan sejak tahun 2012 dan 2013 dan sampai saat ini masih banyak masyarakat kecamatan suhaid yg belum mendapatkan E-KTP.

Kadis Dukcapil Usmandi,  SE, M.M mengatakan bahwa hal tersebut dikarena beberapa hal,  diantaranya Data Ganda Dan Anomali ( nama aneh / tidak umum) namun beliau  akan melakukan koordinasi pada kepala bidang terkait yg menangani itu untuk diproses secepatnya dan beliau menegaskan bahwa untuk ke depan ada program jemput bola yg dilakukan oleh Dinas Dukcapil agar pembuatan E-KTP bisa lebih cepat dilakukan dan bisa lebih cepat didapatkan oleh masyarakat, namun hal tersebut  masih ditangguhkan pd tahun 2018 karena faktor Anggaran.

Disela kegiatan tersebut,  Kepala Dinas DPMD, Alfiansyah, S.H, MSi juga menjelaskan tata cara pembentukan Bumdes,  anggaran yg digunakan,  tujuan bumdes dan pengelolaannya.

Diakhir kegiatan ini, Camat suhaid Joko Kusmanto S.H berharap kegiatan ini secara rutin dilakukan karena sangat membantu kinerja pemerintahan desa kedepan dan Kegiatan ini menjadi bahan evaluasi kedepan untuk pemerintahan desa,  BPD, dan PKK  kecamatan suhaid.
Liputan oleh :  Hartawansyah.

[wpvideo P4gHLevu]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top